Program Organisasi Kemahasiswaan

-->
Program kegiatan organisasi kemahasiswaan mencakup 6 (enam) aspek kegiatan, yaitu:
1. Bidang Keagamaan Kegiatan keagamaan dimaksud untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa di samping menyiarkan agama. Kegiatan tersebut meliputi antara lain Peringatan Hari-hari Besar Islam, kegiatan keagamaan berbentuk upacara/peringatan, ceramah, penataran, baik bersifat internasional, nasional, regional maupun lokal.


2. Bidang Penalaran dan Idealisme Kegiatan penalaran ini dimaksud dapat meningkatkan dan mengembangkan daua penalaran untuk menunjang proses terbentuknya sikap ilmiah, kreatifitas dan sikap profesional serta menambah pendalaman dan perluasan keislaman. Kegiatan ini meliputi diskusi ilmiah, seminar, simposium, lokakarya, baik yang bersifat internasional, nasional, regional/ institut maupun lokal/ fakultas.
3. Bidang Kepemimpinan dan Loyalitas teherhadap Almamater, Agama, Bangas dan Negara. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap kepribadian dan kepemimpinan, sehingga pada akhirnya nanti diharapkan dapat menjadi pemimpin yang baik sesuai dengan ajaran Islam dan Pancasila. Kegiatan ini meliputi antara lain Pelatihan Kepemimpinan mahasiswa baik tingkat nasional (PKM Nasional), PKM tingkat menengah (Institut) dan PKM tingkat dasar (Fakultas). Kegiatan lain dapat berupa Koperasi Mahasiswa (KOPMA), Usaha Asrama Mahasiswa, Toko Mahasiswa, Poliklinik Mahasiswa, Rekreasi Mahasiswa, serta Usaha Bimbingan dan Penyuluhan Mahasiswa. Penilaian terhadap kepemimpinan mahasiswa dalam organisasi, organisasi kemahasiswaan, maupun dalam masyarakat baik bersifat internasional, nasional, regional dan lokal. Di samping itu kegiatan-kegiatan yang bersifat kepanitiaan yang melibatkan mahasiswa baik yang bersifat internasional, nasional dan lokal. 3. Aspek Pemenuhan Bakat dan Minat Mahasiswa Kegiatan ini dikasudkan sebagai upaya menampung dan menyalurkan serta menggembangkan semua potensi positif yang berkaitan dengan bakat dan minat mahasiswa dalam rangka mewujudkan keseimbangan antara aspek rasional dan aspek emosional. Kegiatan pada aspek ini meliputi bidang olah raga dan seni. Di bidang olah raga ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan pembinaan kepribadian serta kemampuan profesional. Jenis olah raga yang dapat dikembangkan antara lain Bola Vollu, bulu tangkis, tenis meja, sepak bola, sepak takraw, silat, judo, tae kwon do, catur, bride, dan lain-lain. Di bidang kesenian ditujukan untuk menumbuhkembangkan apresiasi seni dikalangan mahasiswa dalam rangka kepribadian. Kegiatan ini lebih diarahkan pada penggalian dan pengembangan seni budaya yang bernafaskan Islam, sekaligus berfungsi sebagai media dakwah. Jenis kesenian yang dapat dikembangkan adalah Band, vokal group, folk song, orkes, qasidah, seni tari dan seni kaligrafi, drum band dan lain-lain.
4. Aspek Pengabdian pada Masyarakat Kegiatan ini dimaksud untuk mendorong serta melatih mahasiswa, untuk melaksanakan pengabdian masyarakat, dalam upaya mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku perkuliahan. Kegiatan di bidang ini dapat berupa usaha-usaha pembinaan terhadap masyarakat, dalam rangka meningkatkan kualitash hidup, baik dalam masalah keagamaan maupun sosial, sperti khutbah/ ceramah agama, bimbingan/ penyuluhan hukum/ keagamaan serta usaha membantu bencana alam, donor darah dan lain-lain. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong serta melatih mahasiswa agar dapat menjalin hubugan dan kerja sama dengan pihak luar kampus atau antar unit-unit kegiatan. Kegiatan ini harus mendapat persetujuan pimpinan IAIN. Setelah mendengar permohonan dari mahasiswa (pimpinan organisasi mahasiswa yang bersangkutan). Kegiatan ini dapat berupa kegiatan-kegiatan mahasiswa antara perguruan tinggi/ fakultas atau jurusan di luar IAIN, maupun hubungan atau kerja sama dengan instansi terkait, baik yang menyangkut bindag studi ataupun bidang minat dan kesejahteraan mahasiswa