Tips merawat Laptop, Notebook, dsb

Tips merawat Laptop, Notebook, dsb

Laptop, Notebook, Netbook, adalah barang yang sangat banyak kegunaannya, mulai dari sebagai media hiburan, tran, menyimpan data- data pekerjaan, hingga untuk menyembunyikan informasi atau data penting yang sifatnya rahasia. Tapi barang multifungsi tersebut tidak ubahnya dengan barang elektronik lainnya yang rentan terhadap guncangan. Oleh sebab itu merawat dengan baik adalah kewajiban bagi anda sebagai pengguna ataupun pemilik.



1. Pasang pelindung
Pasanglah pelindung di laptop Anda. Mulai dari pelindung layar (screen protector), pelindung casing laptop (cover protector), sampai pelindung keyboard (keyvoard protector). Tujuanya tentu untuk mengurangi resiko cacat fisik yang dapat disebabkan oleh goresan atau terkena tumpahan air/minyak. Selain itu, protector ini juga dapat mencegah laptop cepat kotor dan mudah untuk dibersihkan.

2. Gunakan Baterai dengan benar
Kiat ini penting anda yang baru saja membeli laptop baru atau mengganti baterai lama dengan yang baru.  Isilah baterai tersebut sesuai petunjuk yang ada di buku manua. Jangan biasakan maninggalkan laptop Anda dalam keadaan baterai sedang diisi ulang, karena proses charging yang berlebihan (overcharging) dapat memperpendek usia dan merusak baterai. Jadi perhatikan selalu indicator pengisian baterai yang ada di laptop anda.

3. Lepaskan baterai jika perlu
Apabila anda akan menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, sebaiknya lepas saja baterai dan sambungkan kabel power laptop ke catuan listrik secara langsung. Kiat ini berguna untuk memperpanjang usia baterai dan menghemat daya baterai.
4. Jangan kasar
Seperti benda elektronik berengsel lainnya, Anda perlu extra hati-hati ketika membuka dan menutup laptop. Jangan melakukannya dengan kasar, apalagi memaksa. Hal ini akan bisa mengakibatkan engsel laptop patah. Kebiasaan membuka dan menutup laptop yang terlalu sering sebaiknya juga dikurangi karena dapat merusak komponen konektor display yang ada di sekitar engsel laptop.

5. Jangan diletakkan sembarangan
Jangan menggunakan laptop diatas permukaan yang lunak (contoh : kasur) atau diatas pangkuan Anda. Karena dapat menyumbat lubang ataupun celah-celah saluran udara sehingga aliran udara panas tidak berjalan dengan baik.
6. Gunakan Cooling pad
Pasang cooling pada pada laptop Anda. Hal ini berguna untuk membantu sirkulasi pengeluaran udara panas di dalam laptop.

7. Hindari tempat panas
Panas merupakan musuh besar barang-barang elektronik, jadi tidak terkecuali laptop. Jadi ingatlah untuk selalu menjauhkan laptop Anda dari sinar matahari langsung maupun ruangan bersuhu tinggi untuk mengurangi resiko kerusakan pada komponen-kompenen dan baterai.

8. Bersihkan secara berkala
Keyboard laptop mudah lagi berdebu dan kotor. Jadi bersihkanlah menggunakan kuas. Anda juga bisa memanfaatkan vaacum claner mini untuk menyedot debu dan kotoran yang sembunyi di sela-sela keyboard. Supaya terlihat lebih bersih, sebaiknya kotoran yang menempel di permukaan keyboard dibersihkan menggunakan kain halus. Gunakan stain remover (pengangkat noda) jika perlu.
Bersihkan laptop Anda jika sudah terlihat kotor. Gunakan kain halus yang sudah dibasahi air hangat untuk mengakat kotoran. Ingat, air hangat, bukan air panas. Gunakan pembersih kaca jika perlu. Hidari penyemprotan cairan secara langsung pada layar karena bisa menyebabkan LCD menjadi belang. Gosok secara perlahan dan searah, hindari menggosok dengan menekan LCD terlalu keras karena bisa merusak LCD.
9. Simpan dengan rapi
Simpanlah laptop anda dengan rapi. Usahakan memilih tempat yang sejuk dan kering. Apabila anda ingin menyimpan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya lepas baterainya dan gunakan tas laptop untuk mencegah kotoran masuk. Baiknya gunakan laptop yang kaku, kokoh, serta dilapisi plastik. Tas seperti ini cukup ampuh mencegah laptop anda basah karena hujan dan mengurangi guncangan bila terjatuh tidak sengaja.