FORMAT LAPORAN PPL


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Latar belakang Praktek Pengalaman Lapangan ini merupakan syarat yang harus dilaksanakan dalam ujian akhir, dengan mengajar di MA TRI BHAKTI Pagotan supaya penulis mengetahui bagaimana proses belajar mengajar yang baik.
Disamping itu, Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini diadakan karena untuk memenuhi persyaratan mendapatkan Surat Izin Mengajar (AKTA IV), dan dengan PPL ini semoga penulis dapat mengambil manfaat dan hikmahnya.

B.     Latar Belakang Masalah

Secara umum, bimbingan dapat diartikan sebagai usaha memberikan bantuan kepada seseorang yang sedang mengalami problem agar dapat mengenal dirinya serta memecahkan masalah.
Menurut Jear Book of Education, Bimbingan adalah “suatu proses membantu individu melalui usaha menemukan dan mengembangkan kemampuannya agar memperoleh kebahagiaan pribadi dan manfaat sosial”.
Dari definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa bimbingan adalah membantu individu dalam memecahkan masalah yang dihadapinya agar tercapai. Bantuan tersebut diberikan dari orang yang mempunyai ahli dan pengalaman di bidangnya.

C.    Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan

Praktek Pengalaman Lapangan ini diadakan dengan tujuan :
1.      Memahami antara teori-teori yang pernah diterima di Universitas dengan Praktek Pengalaman Lapangan yang telah kami jalani, sehingga dengan Praktek Pengalaman Lapangan ini kami dapat memadukan antara pengalaman yang kita terima di PPL ini.
2.      Mendapatkan pengalaman mengajar
Mendapatkan bekal mengajar di MA TRI BHAKTI Pagotan dari guru yang lebih senior.

BAB II

PELAKSANAAN PPL

A.    Pelaksanaan PPL
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini dilaksanakan di MA TRI BHAKTI Pagotan dimulai pada tanggal 1 Agustus dampai 31 Agustus 2007.
Langkah ini bertujuan mengetahui sejauh mana bantuan yang diberikan pada siswa. Untuk mengetahui keberhasilannya itu maka perlu adanya pemantauan yang berupa:
a.       Melihat hasil belajar siswa dalam bidang study agama.
b.      Menganalisa hasil belajar yang telah dicapai dan dikembangkan
Mudah-mudahan selama penulis melaksanakan PPL di MA TRI BHAKTI Pagotan ini, ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat baik di dunia maupun di akherat serta dapat mengamalkan ilmu yang telah dimiliki oleh penulis. Begitu juga semua berkat kerja sama antara Kepala Sekolah, para guru, siswa dan rekan-rekan PPL.
Semoga apa saja yang penulis peroleh penulis di MA TRI BHAKTI Pagotan dapat menambah wawasan, pengalaman dan barokah dari Allah swt.
Adapun dalam bab ini akan penulis coba cantumkan Satuan Pelajaran yang penulis pegang dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu mata pelajaran pendidikan agama Islam.
B.     Lampiran Satuan Pelajaran
Lampiran Satuan pelajaran ini akan penulis cantumkan di halaman selanjutnya.
BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Selama melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dimulai pada tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2007, ada beberapa kesimpulan yang penulis peroleh dinataranya sebagai berikut:
1.      PPL merupakan sarana untuk membentuk pribadi mahasiswa ke arah pribadi seorang guru.
2.      Dalam proses belajar mengajar  seorang guru harus benar-benar menguasai materi dan mampu menguasai kelas.
3.      Dalam proses  belajar mengajar perlu adanya situasi tenang dan komunikatif sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik.
B.     Saran
Berdasarkan hasil analisa penulis, maka penulis memberikan beberapa saran :
1.      Para siswa  MA TRI BHAKTI Pagotan dalam bidang membaca  Al Qur'an sudah baik, tetapi hendaknya guru PAI lebih meningkatkan sistem pengajaran baca Al Qur'an agar lebih baik lagi.
2.      Hendaknya para guru dan semua pihak lebih meningkatkan dalam pembinaan akhlak siswa.
Harapan penulis semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya, semoga Allah swt. meridhoi dan membimbing kita semua ke jalan yang benar.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran      :     Al Qur'an Hadits
Kelas / Semester    :     X / satu
Pertemuan ke        :     1 dan 2
Alokasi                  :     2 x 45 menit 

Standar Kompetensi :     Memahami ayat-ayat Al Qur'an tentang manusia dan tugasnya sebagai kholifah di bumi.

Kompetensi Dasar     :     Menyebutkan arti Q.S. Al Baqarah : 30, Al Mukminun : 12 – 14, Az Zariyat : 56 dan An Nahl : 78

Hasil Belajar :           
1.      Siswa diharapkan dapat membaca dengan fasih berdasarkan tajwid Q.S. Al Baqarah : 30, Al Mukminun : 12 – 14, Az Zariyat : 56 dan An Nahl : 78
2.      Siswa diharapkan dapat menjelaskan, menerapkan tajwid Q.S. Al Baqarah : 30, Al Mukminun : 12 – 14, Az Zariyat : 56 dan An Nahl : 78.
3.      Siswa diharapkan dapat menterjemahkan dari masing-masing kata dan menghafal Q.S. Al Baqarah : 30, Al Mukminun : 12 – 14, Az Zariyat : 56 dan An Nahl : 78.

Indikator :                 
·         Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al Baqarah : 30, Al Mukminun : 12 – 14, Az Zariyat : 56 dan An Nahl : 78
·         Mampu mengartika ayat Q.S. Al Baqarah : 30, Al Mukminun : 12 – 14, Az Zariyat : 56 dan An Nahl : 78
·         Menampilkan prilaku sebagai kholifah di bumi seperti yang terkandung dalam Q.S. Al Baqarah : 30, Al Mukminun : 12 – 14, Az Zariyat : 56 dan An Nahl : 78.

Materi pokok :          
-     Q.S. Al Baqarah : 30
-     Al Mukminun : 12 – 14
-     Az Zariyat : 56
-     An Nahl : 78.
A.    Langkah Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengajak siswa membuka terjemah bagi yang membawanya.
b.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca materi yang disebutkan oleh guru.
2.      Kegiatan Inti
a.       Mengajak siswa untuk membaca materi Al Qur'an surat Al Baqarah: 30
b.      Mengajak siswa untuk berulang-ulang membaca isi kandungan surat, kata demi kata.
c.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghafal arti kata demi kata beberapa saat.
d.      Memberikan kesempatan bagi siswa yang mau untuk menghafal ke depan
e.       Menunjuk beberapa siswa untuk menghafal kata demi ata ke depan.
3.      Kegiatan Penutup
a.       Menyuruh siswa untuk membaca secara bersama-sama materi yang telah diberikan.
b.      Memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi yang telah diberikan.
B.     Penilaian
1.      Penilaian Tertulis
Penilaian tertulis dalam bab ini didasarkan pada kemampuan siswa untuk menjawab beberapa pertanyaan yang meliputi :
a.       Pilihan ganda
b.      Uraian
2.      Tes Performance
Dilakukan dengan menilai keaktifan siswa dalam tanya jawab dan berdiskusi serta kemampuan dalam melaksanakan penelitian dan penilaian lain diperlukan untuk memudahkan dalam penilaian, kita dalam membuat tabel seperti di bawah ini:
No
Nama Siswa
Aspek Yang dinilai
Catatn Guru
I
II
III
IV
V









Keterangan :
I : Keaktifan siswa
II : Kemampuan mencari sumber
III : Cara pembuatan kesimpulan
IV : Preformance dalam presentasi
V : Pengamatan
3.      Produk
Dilakukan berdasarkan kemampuan siswa dalam penjelasan berdasarkan ilmu tajwid


4.      Portofolio
Penilaian dilakukan oleh guru dengan mengaku pada tiga penilaian di atas untuk mengetahui dan menggambarkan tingkat kemampuan yang dicapai siswa dalam pelajaran yang dimaksud.
C.    Alat, Bahan dan Sumber
-          Al Qur'an terjemah
-          Buku paket Al Qur'an Hadits, kelas X,  Depag. RI
-          Buku-buku pendukung yang relevan
-          Alat-alat tulis

                                                                                       Pagotan, 29 Agustus 2007
          Guru Pamong                                                                    Guru PPL


HUJJATUR ROHMAH                                                        BADI’ATIN

Mengetahui,
Kepala MA TRI BHAKTI Pagotan

RUKANI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran          : Qur’an Hadits
Kelas/Semester          : X / I
Pertemuan Ke           : 3 dan 4 (dua pertemuan)
Standar Komptensi   : Mampu mendefinisikan AlQur’an dan wahyu, memamahi cara dan hikmah wahyu dan AlQur’an diturunkan, mengidentifikasi kedudukan, fungsi dan tujuan serta pokok-pokok isi AlQur’an, mengenal kemu’jizatan AlQur’an dan mengenal cara mencari surat dan ayat AlQur’an.
Kompetensi Dasar     : Mendefinisikan AlQur’an dan wahyu.

I.        Indikator:
·         Mendefinisikan pengertian AlQur’an secara bahasa dan istilah
·         Mendefinisikan pengertian wahyu secara bahasa dan istilah
·         Menguraikan perbedaan wahyu dengan ilham
·         Mengidentifikasi nama-nama lain bagi AlQur’an
·         Membedakan antara pengertian AlQur’an, hadits Qudsi dan hadits Nabawi

II.     Materi Pembelajaran:
·         Pengertian AlQur’an

III.  Metode Pembelajaran:
·         Strategi         : Contekstual Teaching Learning
·         Model           : Kooperatif Learning Jigsaw
·         Pendekatan   : Analisis dan Pendekatan Proses
·         Mode            : Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran:
1.     Guru memberikan penjelasan tentang tata cara pembahasan topik pelajaran dan cakupannya sesuai dengan SK dan KD dan Materi ajarnya.
2.     Guru membentuk kelompok diskusi berdasarkan kemampuan akademik, dalam satu kelompok disesuaikan topik indikator.
3.     Masing-masing kelompok memilih 2 orang petugas sebagai Ketua dan Seretaris, serta memberi nama kelompoknya dengan sebutan nama-anma yang terakndung dalam AlQur’an.
4.     Siswa melaksanakan tugas dengan mencari, mengidentifikasi, menyebutkan, membedakan sesuai dengan topik indikator bahasannya, sedang guru sebagai fasilitator senantiasa memberi bimbingan dan arahannya.
5.     Masing-amsing kelompok memaparkan hasil kajiannya/diskusi.
6.     Guru memberikan kuis/pertanyaan pada siswa untuk pengambilan nilai, sedangkan siswa yang lain pada kesempatan berikutnya.
7.     Guru memberikan kata akhir berupa kesimpulan, catatan dan saran serta tugas bila diperlukan.
V.     Alat/Bahan/Sumber Belajar:
1.     Mushaf AlQur’an dan terjemahannya.
2.     Buku Paket AlQur’an dan Hadits, Depag. R.I kurikulum 2004.
3.     Kebenaran AlQur’an dan Hadits kelas: X. Tiga Serangkai. Solo.
4.     LKS Qur’an Hadits kelas: X.
5.     Ulumul Qur’an (Studi Kompleksitas AlQur’an) Dr. Fahd bin Abdurrohman ar-rumi, Yogyakarta, 1999.

VI.  Penilaian:
1.     Penilaian Proses          : Afektif dan Psikomoto.
2.     Pennilaian Konsep      : Kognitif.
3.     Penilaian dilakukan guru pada waktu kegiatan belajar/pembelajaran dengan kuis pertanyaan yang telah disiapkan.
4.     Porto Folio (hasil karya siswa dalam diskusi dikumpulkan oleh guru).




                                                                                       Pagotan, 29 Agustus 2007
          Guru Pamong                                                                    Guru PPL


HUJJATUR ROHMAH                                                        BADI’ATIN

Mengetahui,
Kepala MA TRI BHAKTI Pagotan


RUKANI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran          : Qur’an Hadits
Kelas/Semester          : X / I
Pertemuan Ke           : 5 dan 6 (dua pertemuan)
Standar Komptensi   : Mampu mendefinisikan AlQur’an dan wahyu, memamahi cara dan hikmah wahyu dan AlQur’an diturunkan, mengidentifikasi kedudukan, fungsi dan tujuan serta pokok-pokok isi AlQur’an, mengenal kemu’jizatan AlQur’an dan mengenal cara mencari surat dan ayat AlQur’an.
Kompetensi Dasar     : Menunjukkan pemahaman tentang cara-cara wahyu diturunkan

I.       Indikator:
·         Menunjukkan ayat tentang proses turunnya wahyu
·         Menjelaskan cara-cara wahyu diturunkan
·         Menguraikan perbedaan wahyu dan ilham
·         Mengkaji proses turunnya AlQur’an
·         Menyebutkan ayat pertama dan ayat terakhir diturunkan
·         Mendefinisikan pengertian ayat dan surat
·         Membedakan pengertian ayat Madaniyah dan ayat Makiyah

II.    Materi Ajar:
·         Cara-cara wahyu diturunkan

III.  Metode Pembelajaran:
·         Strategi         : Contekstual Teaching Learning
·         Model           : Index Card Match
·         Pendekatan   : Analisis dan Pendekatan Proses
·         Metode         : Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran:
1.     Pembukaan (Salam).
2.     Guru menyampaikan berbagai isu/pertanyaan tentang pokok materi untuk memancing konsentrasi siswa pada topik pembelajaran.
3.     Proses Kegiatan:
a.       Guru menyediakan beberapa kartu/potongan kertas berisi pertanyaan dan jawaban kepada sebagian siswa. Pertanyaan bersifat apa saja berkaitan dengan pelajaran. Jawaban bisa alternatif/lebih dari dua. Kedua macam kertas tersebut dicampur/dikocok kemudian siswa diminta mengambil satu potong kertas saja.
b.      Siswa yang mendapat kertas pertanyaan agar membacakan pertanyaannya dengan kertas. Kemudian siswa-siswa yang lain menjawabnya berdasarkan kartu jawaban yang diperoleh, sebagai bahan kajian.
c.       Guru mengembangkan kartu yang pertanyaannya bersifat kemungkinan (misal: Bagaimana agar seseorang dapat menjalankan Islam secara benar dan lurus?” Atau Bagaimana caranya agar seseorang konsisten beragama?) Diskusi berjalan berdasarkan pertanyaan dan jawaban tersebut dan dikembangkan.
d.      Guru mengajak membuat kesepakatan/komitmen bersama dalam mengamalkan ayat dengan membuat pertanyaan mengikat kepada siswa dijalankan bersama.
e.       Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberi tugas hafalan/mengerjakan soal-soal latihan dan pemberian kesimpulan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penutup/salam.

V.     Alat/Bahan/Sumber Belajar:
1.      Buku kurikulum 2004. Standar Kompetensi MA, Pedoman Umum. Pedoman Khusus, Pengembangan Silabus dan Penilaian.
2.      Buku Paket AlQur’an Hadits 2004. Depag. R.I.
3.      Ulumul Qur’an (Studi Kompleksitas Qur’an) Dr. Fahd bin Abdurrohman ar-Rumi. Yogyakarta. 1999.
4.      Kebenaran AlQur’an dan Hadits kelas X, Dra. Lilis Fauziyah.R.A, MAg. Tiga Serangkai, Solo.
5.      Mushaf AlQur’an dan Terjemahannya, Depag. R.I.

VI. Penilaian:
-          Kuis – Uraian Singkat/Pilihan ganda.



                                                                                       Pagotan, 29 Agustus 2007
          Guru Pamong                                                                    Guru PPL


HUJJATUR ROHMAH                                                        BADI’ATIN

Mengetahui,
Kepala MA TRI BHAKTI Pagotan

 

RUKANI


LAPORAN HASIL KEGIATAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )
DI MA TRI BHAKTI PAGOTAN
 


Disusun Oleh :

NAMA              :     BADI’ATIN

NIM                   :     2005.170112609
NIMKO             :     2005.4.017.0001.1.01415
FAKULTAS     :     TARBIYAH
JURUSAN        :     PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM ( STAI ) MADIUN
2007


HALAMAN PERSETUJUAN


Laporan Praktek Pengalaman Lapangan ini
telah diperiksa dan disetujui
tanggal 29 Agustus 2007

O
L
E
H


                   Guru Pamong                                                Dosen Pembimbing


         HUJJATUR ROHMAH                                     Drs. IBNU CHOZIN

Mengetahui,
Kepala MA TRI BHAKTI Pagotan

RUKANI


KATA PENGANTAR



Bismillaahirrrohmaanirrohiim
Segala puji bagi Allah swt. sekalian alam, yang telah melimpahkan rahmat taufiq serta hidayah –Nya sehingga penulis berhasil menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) di MA TRI BHAKTI Pagotan, yang berlangsung pada tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2007.
Sholawatserta salam semoga Allah swt. senantiasa melimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, sahabat serta pengikutnya.
Laporan ini diperoleh dan disusun berdasarkan data selama melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan ( PPL ) di MA TRI BHAKTI Pagotan, untuk itu kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam melaksanakan program dan PPL, maka penulis sampaikan terima kasih kepada :
1.    Bapak Drs. H. Muh. Djamhur, SH, MH selaku Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun (STAIM) dengan penuh keikhlasan memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada penulis untuk PPL.
2.    Bapak Drs. Ibnu Chozin selaku Dosen Pembimbing Lapangan PPL yang telah banyak meluangkan waktunya untuk membimbing, mengarahkan serta memberi petunjuk kepada penulis dalam melaksanakan PPL.
3.    Semua pihak serta teman-teman PPL yang telah rela memberikan bantuan berupa moril maupun spirituil dalam penyelesaian PPL ini.
 Tiada suatu imbalan apapun yang dapat penulis sampaika kecuali ucapan terima kasih dengan iringan do’a semoga amal baik beliau mendapat balasan dari ss dengan berlipat ganda, amiin.
Laporan yang sangat sederhana ini sudah barang tentu masih banyak kekurangan-kekurangan, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya semoga Allah swt. memberikan maaf atas segala kesalahan penulis yang sengaja maupun yang tidak sengaja. Dan semoga laporan ini ada guna dan manfaatnya bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumya.


Madiun, 29 Agustus 2007

Mahasiswa PPL


DAFTAR ISI


Halaman Judul ....................................................................................................... i
Halaman Pengesahan ........................................................................................... ii
Kata pengantar .................................................................................................... iii

Daftar Isi ................................................................................................................ v


BAB    I     PENDAHULUAN

B.     Latar Belakang Masalah ................................................................. 1
C.     Pengertian Layanan Bimbingan ...................................................... 1
D.    Tujuan Praktek Lapangan ............................................................... 2

BAB    II   PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN

B.     Pelaksanaan PPL ............................................................................. 3
C.     Lampiran Satuan Pelajaran ............................................................. 3

BAB    III KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan ..................................................................................... 4
B.     Saran ............................................................................................... 4
LAMPIRAN-LAMPIRAN