Umar bin Khathab yang mempunyai pendirian kuat (One Day One Hadith)

*One Day One Hadith 9 Dzul Qa’dah 1437 H./ 12 Agustus 2016 M.*
بسم الله الرحمن الرحيم
كتاب الْإِيمَانِ - باب تَفَاضُلِ أَهْلِ الإِيمَانِ فِي الأَعْمَالِ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ صَالِحٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ بْنِ سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَا أَنَا نَائِمٌ رَأَيْتُ النَّاسَ يُعْرَضُونَ عَلَيَّ وَعَلَيْهِمْ قُمُصٌ مِنْهَا مَا يَبْلُغُ الثُّدِيَّ وَمِنْهَا مَا دُونَ ذَلِكَ وَعُرِضَ عَلَيَّ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ وَعَلَيْهِ قَمِيصٌ يَجُرُّهُ قَالُوا فَمَا أَوَّلْتَ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ الدِّينَ
Telah diceritakan dari Abu Said Al Khudri (w64H.) berkata, Rasulullah Saw. (w11H.) bersabda: "Ketika aku tidur, aku bermimpi melihat orang-orang dihadapkan kepadaku. Mereka mengenakan baju, diantaranya ada yang sampai buah dada dan ada yang kurang dari itu. Dan dihadapkan pula kepadaku Umar bin Khathab (wH.) dan dia mengenakan baju dan menyeretnya. Para sahabat bertanya: "Apa maksudnya hal demikian menurut engkau, ya Rasulallah?" Beliau menjawab: "Ad-Din (agama)". HR. Al-Bukhari (w.256H.)
Istifadah:
Hadis di atas menjelaskan menceritakan tentang keutamaan sahabat Umar bin Khathab yang mempunyai pendirian kuat dan sangat berpegang teguh pada agama Islam, yang diibaratkan dengan sebuah pakaian. Ketika orang lain hanya mendapatkan kain yang sedikit karena kurang kuatnya iman, Umar bin khathab malah menyeret kain panjang mengibaratkan banyaknya kain yang diperoleh karena kuatnya iman.
*[Lembaga Kajian & Riset Rasionalika Darus-Sunnah]*

Post a Comment

0 Comments